5 Tips Konsep Rumah Islami yang Cantik dan Sesuai Syariah

Sebagai umat muslim, tentunya Anda ingin memiliki rumah yang dibangun dengan kaidah-kaidah islam, sebuah rumah yang tidak hanya difungsikan sebagai tempat tinggal dan pemberi rasa aman saja, tetapi juga dapat mendukung untuk tercipta keluarga besar yang bahagia serta terjaga keislamannya. Pada dasarnya, rumah islami ini begitu kental dengan nuansa kesederhanaan dan keremahannya serta menenangkan. Desainya tak harus meniru dekorasi kahs timur tengah. Asalkan rumah tersebut mampu mendukung aktivitas keagamaan bagi para penghuninya, itu sudah cukup. Inilah seninya memadukan kebudayaan islami dengan arsitektur khasi islami sekali.

Bagaimana cara membuat konsep rumah yang bernuansa islami? Inilah pokok pembahasan yang akan admin bahas di artikel kali ini. Bagaimanapun juga Anda ingin mempunyai rumah yang sanggup mendukung kehidupan beragam islam bagi Anda sekeluarga, dengan mengaplikasikan kiat-kiat diobawah ini, setidaknya impian Anda tersebut akan terwujud. Sekarang anda dapat membangun sebuah rumah yang memiliki desain islami yang begitu cantik dan sesuai syariat. Silahkan Anda bisa mencoba mempraktikkannya sendiri, Niscaya susasan rumah Anda pun akan terasa lebih nyaman dan menenangkan.

Bagaimana rumah yang islami itu dibuat? Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini untuk mengaplikasikannya

Suasan Penuh Kekeluargaan

Suasan Penuh Kekeluargaan

Seperti kita ketahui, menjamu tamu yang berkunjung ke rumah dengan baik itu hukumnya wahib. Sebisa mungkin buatlah tamu tersebut merasa sangat nyaman seperti di rumahnya. Doa akan merasa senang dengan apa yang kita seuguhkan untuknya. Ruang tamu ini diatur dengan tepat supaya suasana mengobrol terasa santai serta menyenangkan. Gunakan meja tamu yang cukup besar sebagai tempat menaruh hidangan-hidangan yang telah Anda siapkan. Selanjutnya Anda bisa mengajak tamu tersebut menikmati makanan bersama-sama. Anda mesti membiasakan sikap seperti ini kepada siapa saja yang datang berkunjung.

Adanya Mushola di Rumah

Adanya Mushola di Rumah

Konsep ruamh islami tak bisa dilepaskan dari keberadaan mushola pribadi. Anda bisa membuat mushola pribadi di rumah. Mushola tersebut bisa berupa bangunan terpisah dari rumah utama ataupun ruangan yang diubah menjadi mushola. Untuk tips desain mushola yang menarik dapat dilihat disini. Kunci dari pembangunan mushola di rumah adalah mudah dibersihkan dan mempunyai sirkulasi pencahayaan yang baik. Ruangan tersebut mesti terasa nyamn untuk digunakan beribadah, tenang, serta menenangkan. Biasanya sih mushola di dalam rumah tinggal ini dibuatkan di lingkungan teras belakang.

Tempat Wudhu

Tempat Wudhu

Sebagai pelengkap musholah, Anda perlu menyediakan tempat wudhu yang dibangun tidak jauh dari mushola. Akan lebih bagus jika tempat ini dibangun secara outdoor sehingga bisa menyatu dengan alam. Berwudhu di kamar mandi memang bisa dilakukan. Namun akan terlihat lebih menarik lagi apabila Anda menyediakan tempat wudhu tersebut secara terpisah dari kamar mandi. Anda bisa membuat tempat ini dekat dengan lokasi mushola. Jajaran keran yang dibentuk dengan rapi juga mencipatakan pemandangan yang unik loh disekitar mushola tersebut. Anda tidak boleh menghilangkannya.

Aksesoris Kaligrafi

Aksesoris Kaligrafi

Kandungan nilai-nilai islami pada seni kaligrafi memang sangat kaut. Hal inilah yang menjadikan kaligrafi selalu tampil di rumah dengan konsep islami. Kaligrafi yang bagus tidak perlu mewah dan berukuran besar. Justru sebaliknya, semakin unik kaligradi trersebut dibuat maka akan semakin besar pula daya tarik yang dapat dipancarkannya. Anda sebaiknya memilih kaligradi dari pengglan surat dalam Al Quran yang mampu mengingatkan Anda untuk senantiasa hidup dengan penuh kehati-hatian dan waspada. Karena bagaimanpun kehidupan Anda yang sebenarnya baru didapatkan setelah mati nanti.

Rutin mengadakan Pengajian

Rutin mengadakan Pengajian

Ide yang terakhir adalah biasakan untuk mengadakan pengajian di Rumah Anda. Kegiatan positif ini tentu akan mencipatakan energi positif di Rumah Anda. rumah ini akan dipenuhi oleh energi positif yang sangat melimpah. Sehingga rumah tersebut nampak lebih bercahaya dan terasa menentramkan jiwa. Anda bisa memulainya dengan rutin mengadakan pengajian bagi keluarga, tetangga, sampai manyarakat yang lebih luas. Jangan lupa juga untuk membiasakan seluruh anggota keluarga Anda supaya rutin membaca kita suci Al Quran setidaknya setelah habis menunaikan ibadah sholat Maghrib setiap harinya.

You May Also Like

About the Author: Rasyid Muhammad

Saya adalah penulis dan pemilik kitapandai.com, Blogger asal Kapuas Kalimantan Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.