Obat Untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

Kebanyakan orang merasa cemas di beberapa keadaan dalam hidup mereka dan perasaan cemas tersebut sering hilang dengan sendirinya. Pemicu sebuah gangguan kecemasan berbeda-beda. Apabila anda didiagnosa mengidap salah satunya, Anda membutuhkan banyak bantuan untuk mengatasinya. Perawatan gangguan kecemasan terdiri dari Psikoterapi atau oabt-obatan.

Meskipun obat-obatan tidak menyembuhkan gangguan kecemasan keseluruhan. Namun, setidaknya dapat membantu meringankan gejala seperti membuat sedikit lebih tenang, sehingga Anda dapat menjalani aktivitas dengan baik dan merasa lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak jenis obat yang tersedia. Karena setiap orang berbeda-beda, Anda dan dokter Anda mungkin harus mencoba beberapa obat untuk menemukan obat yang tepat untuk gejala gangguan kecemasan yang Anda alami.

mengatasi gangguan kecemasan

Benzodiazepin

Benzodiazepin adalah obat penenang yang dapat membantu mengendurkan otot dan menenangkan pikiran. Meraka bekerja dengan meningkatkan efek neurotransmiter tertentu, yang merupakan bahan kimia yang menyampaikan pesan di antara sel-sel otak Anda

Benzodiazepin membantu mengobati berbagai jenis gangguan kecemasan, termasuj gangguan panik, gangguan kecemasan umum dan gangguan kecemasan sosial. Contoh obat ini antara lain:

  • Alprazolam (Xanax)
  • klordiazepoksida (Librium)
  • Klonazepam (Klonopin)
  • Diazepam (Valium)
  • Lorazepam (Ativan)

Benzodiazepin biasanya digunakan untuk pengobatan kecemasan pada jangka pendek. Ini karena mereka dapat meningkatkan rasa kantuk dan menyebabkan masalah dengan keseimbangan dan memori. Mereka juga bisa membentuk kebiasaan karena ada peningkatan epidemi penyalahgunaan benzodiazepin.

Perlu di ingat hanya menggunakan obat ini atas resep dokter dan legal. Namun, jika Anda memiliki gangguan panik, dokter Anda mungkin meresepkan benzodiazepin dalam jangka yang panjang.

Baca Juga : 4 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Efek Samping

Selain meningkatnya rasa kantuk dan masalah ingatan, mengonsumsi benzodiazepin juga dapat menyebabkan kebingungan, masalah penglihatan, sakit kepala dan perasaan depresi.

Jika Anda mengonsumsi benzodiazepin secara teratur selama lebih dari dua pekan, penting untuk tidak mengentikan pil ini secara tiba-tiba, karena ini dapat menyebakan kejang. Ini terjadi pada beberapa orang. Segera konsultasikan dengan dokter Anda tenta pengurangan dosis secara perlahan untuk mengurangi risiko adanya kejang.

Buspiron

Buspiron digunakan untuk mengobati kecemasan jangka pendek dan gangguan kecamasan kronis. Tidak sepenuhnya dipahami bagaimana buspiron bekerja, tetapi diperkirakan mempengaruhi bahan kimia di otak yang mengatur suasana hati.

Buspiron dapat memakan waktu hingaa beberapa minggu untuk menjadi sepenuhnya efketif. Ini tersedia sebagai obat generik serta bermerek Buspar, Anda bisa menemuka obat ini di apotik apoting resmi dan berizin.

Baca Juga : Ketahui Jenis Jenis Media Promosi dan Contohnya

Efek Samping

Efek samping bisa berupa pusing, sakit kepala dan mual. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa mereka kesulitan tidur ketika mereka menggunakan buspiron.

Beta-blocker

Bera-blocker paling sering digunakan untuk mengobati kondisi jantung. Mereka juga digunakan di luar label untuk membantu meringankan gejala fisik kecemasan, terutama pada gangguan kecemasan sosial.

Dokter Anda mungkin meresepkan beta-blocker seperti propranolol (Inderal) untuk membantu mengurangi gejala kecemasan Anda dalam situasi stres, seperti menghadiri pesta atau memberikan pidato.

Baca Juga : Jadi Lebih Atraktif, Ini 7 Tips Padu Padan Baju Batik Pria

Efek Samping

Beta-blocker biasanya tidak menyebabkan efek samping pada setiap orang yang memakainya.

Beberapa efek samping yang cukup potensial seperti kelelahan, pusing, kantuk dan mulut kering. Adapun efek samping lain kadang sering muncul seperti susah tidur, mual, sesak nafas.

Pengobatan dari Rumah untuk Gangguan Kecemasan

Ada berbagai hal di rumah yang dapat membantuk meringankan gejala kecemasan Anda. Beberapa hal itu dapat dilakukan tanpa harus minum obat, contohnya seperti:

Olahraga

Olahraga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan rasa rileks Anda secara keseluruhan, olahraga singkat per 10 menit setiap hari sangat efektif dalam membantu mengangkat suasana hati Anda

Meditasi

Menyediakna waktu selama 15 menit untuk meditasi dalam melatih fokus pernapasan dan relaksasi dapat membantu menenangkan sedikit gangguan kecemasan pada diri Anda. Anda dapat mendengarkan musik atau membaca quote-quote motivasu secara teratur. Yoga juga dapat menghilangkan stres.

Bau Minyak Aromaterapi

Mencium minyak aromaterapi encer dapat membantu mengurangi kecemasan, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jrnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Contoh minya esensial yang digunakan untuk mengurangi gangguan kecemasan seperti lavender, neroli, kamomil.

Hindari Kafein

Terkadang kafein bisa membuat seseorang merasa gelisah dan lebih cemas. Dengan menghindarinya dapat membantu beberapa orang mengurangi gangguan kecemasan.

Baca Juga : Resmi Diluncurkan, Berikut Harga dan Spesifikasi Google Pixel 5

Konsultasi dengan Dokter Anda

Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan pengobatan terbaik untuk gangguan kecemasan Anda. Perawatan yang tepat kemungkinan akan mencakup psikoterapi dan pengobatan.

Pastikan untuk mengikuti instruksi mereka saat menggunakan obat dan beri tahu mereka tentang efek samping yang Anda miliki. Ajukan juga pertanyaaan apa pun yang Anda miliki tentang kondisi atau perawatan Anda seperti:

  • Efek samping apa yang bisa saya dapatkan dari menggunakan obat ini?
  • Berapa lama waktu yang dibuthkan untuk obat ini mulai bekerja?
  • Apakah obat ini berinteraksi dengan obat lain yang juga saya gunakan
  • Bisakah Anda merujuk saya ke psikoterapi?
  • Bisakah dengan olahraga membantu meringankan gejala gangguan kecemasan saya?

Jika Ada merasa obat tidak memebrikan hasil yang di inginkan atau malah menyebabkan efek samping yang tidak Anda inginkan, bicarak dengan dokter Anda dan berhenti meminumnya.

Sumber Kanal Youtube: Satu Persen – Indonesian Life School

Semoga artikel ini bermanfaat, stay healthy.

You May Also Like

About the Author: Rasyid Muhammad

Saya adalah penulis dan pemilik kitapandai.com, Blogger asal Kapuas Kalimantan Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.