Istilah Wajib Yang Harus Diketahu dalam Web Hosting

Istilah Wajib Yang Harus Diketahu dalam Web Hosting – Penggunaan website semakin hari semakin banyak peminatnya. Apalagi bermunculan berbagai macam perusahaan hosting yang akan membantu pembuatan website sampai siap untuk dipakai. Bahkan tidak sulit untuk mendapatkan domain.  Apalagi sudah banyak penawaran domain dengan harga murah.

Sebelum terjun dalam dunia website, maka ketahui beberapa istilah yang dipakai dalam dunia website. Tujuannya adalah supaya tidak salah dalam memberikan perintah atau salah memprediksi gangguan. Adapun istilah-istilah tersebut bisa ditemukan di bawah ini.

web hosting

Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Web Hosting

Perlu diketahui bahwa ada berbagai macam istilah dalam web hosting. Kemungkinan istilah-istilah tersebut kurang familiar, terutama bagi pemula. Bukan hanya itu saja, pengenalan semua istilah seputar website akan membantu pemahaman supaya tidak salah ketika menafsirkan artinya. Berikut beberapa istilah yang harus diketahui.

Baca Juga : 7 Manfaat Web Hosting Untuk Bisnis Online

Hosting

Merupakan tempat penyimpanan file dengan berbagai bentuk. Mulai dari gambar, video, atau teks. Ada berbagai macam hosting yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak pilihan hosting, mulai dari yang paling mahal sampai yang murah. Tenang saja, harganya tidak akan sampai menguras kantong tiap bulannya.

Shared hosting

Shared hosting merupakan salah satu layanan yang paling populer di antara lainnya. Layanan ini sangat cocok bagi pemula yang membangun web hosting pertama kali yang memiliki cakupan kecil. Layanan ini dipakai bersama-sama dengan pengguna lainnya. Ibaratnya sebuah rumah kos yang memiliki banyak penyewa.

Layanan shared hosting merupakan layanan paling murah dan ekonomis. Namun, selalu ada batasan dalam penggunaannya, karena memiliki banyak pengguna dalam satu server. Sebelum menggunakan shared hosting, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam layanan tersebut.

Kelebihan shared hosting adalah harganya yang terjangkau. Serta segala hal tentang pengelolaannya sampai keamanan dikerjakan oleh penyedia hosting tersebut. Adapun kekurangannya adalah akses sering berjalan lambat karena banyaknya web hosting yang berjalan dalam satu server. Selain itu, ada banyak batasan dalam penggunaan. Sehingga jika salah satu pengguna memakai daya terlalu banyak, maka akan berpengaruh pada pengguna lainnya.

Baca Juga : Ketahui Jenis Jenis Media Promosi dan Contohnya

VPS

Berbeda dengan shared hosting, dimana satu server memiliki banyak pengguna dan sumber daya juga terbagi. Maka VPS memberikan sumber daya khusus untuk satu pengguna. Meskipun masih dalam satu server. Sehingga jika ada gangguan dari pengguna lainnya, maka tidak akan mengganggu pengguna lainnya. Ada banyak perusahaan VPS hosting Indonesia yang memiliki beragam harga. Namun yang pasti harga VPS lebih mahal dibandingkan dengam shared hosting.

WordPress hosting

Merupakan bentuk layanan hosting terbaru. Layanan tersebut hanya untuk pengguna yang memiliki CMS WordPress. Tujuannya supaya pengguna tidak lagi kesusahan dalam mengurus page sped yang lemot, dan lainnya. Pemilik web hosting hanya perlu fokus dalam menampilkan konten yang bagus dan berkualitas.

Tujuan utama pembuatan wordpress hosting ini adalah untuk membantu memaksimalkan CMS WordPress. Apalagi servernya sudah diperbarui oleh team ahli. Sehingga tidak perlu khawatir akan kemampuannya. Ada banyak perusahaan yang menyediakan WordPress hosting. Pilih yang bisa dipercaya akan kemampuannya dan bisa dipercaya.

Addon domain

Bagi seorang pemilik web hosting pemula, mungkin istilah addon domain masih terasa asing. Namun kali ini akan ada penjelasan tentang addon domain. Merupakan domain tambahan sesudah domain utama. Biasanya addon domain mempunyai folder sendiri, sehingga tidak akan mengganggu yang utama. Addon domain juga bisa dibuat lebih dari satu. Tentu saja bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Adapun keuntungan yang didapatkan ketika membuat adon domain adalah tidak perlu lagi membeli hosting yang baru. Cukup hosting utama dibagi untuk menjadi beberapa addon domain. Cukup hemat bukan! Selain itu, pembuatan foldernya akan berbeda dengan yang utama. Sehingga tidak akan mengganggu domain utama. Bukan hanya itu saja, semua fiturnya hampir sama dengan domain utama yang memiliki fungsi yang sama juga.

Bandwidth

Istilah bandwidth akan sering terdengar ketika membahas VPS. Bandwidth merupakan kapasitas yang bisa digunakan untuk mentransfer data dalam web hosting. Transfer data  biasanya dihitung dengan satuan waktu bps (bit per second). Ada beberapa fungsi dari bandwidth yang berkaitan dengan jaringan internet.

Fungsi yang pertama adalah sebagai ukuran media dalam pengiriman data. Selain itu, bandwidth juga bisa membagi kecepatan transfer data. Sehingga bisa membagi kecepatan pendistribusiannya secara merata. Fungsi selanjutnya adalah sebagai pengatur besarnya data yang akan ditransfer supaya tidak mengganggu stabilitas jaringan internet.

Disk space

Disk space merupakan salah satu istilah yang lebih mudah untuk memahaminya dalam web hosting. Singkatnya disk space merupakan kapasitas penyimpanan dalam komputer sehingga pengguna bisa menyimpan segala sesuatu. Seperti video, foto, dan lain sebagainya. Ibaratnya disk space merupakan sebuah koper yang diisi oleh pengguna website.

Di dalam website, ruang penyimpanannya digunakan untuk file yang berkaitan dengan sistem operasi dan tampilan situsnya. Berbeda dengan disk space yang berguna untuk menyimpan teks, gambar, video, dan lainnya. Sehingga mempunyai disk space  bisa juga berkontribusi dalam kesuksesan suatu website.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Thrift Shop

DNS (Domain Name Server)

DNS merupakan fitur yang memudahkan pemilik web hosting dalam menghubungkan URL domain dengan IP Address. Tanpa adanya DNS, setiap pengguna website akan kesulitan untuk mengunjungi websitenya. Alasannya harus bisa menghafalkan IP address. Adanya DNS bisa meringkas waktu tanpa harus hafal IP address. Karena fitur tersebut akan membuat terjemahan yang bisa komputer pahami.

Ada beberapa manfaat lain dari DNS. Seperti akan lebih mudah dalam menjalankan internet, konsisten dalam penggunaan meskipun ada pergantian IP address. Selain itu tidak sulit dalam konfigurasi dan tentu saja sistem DNS lebih aman dibandingkan lainnya. Meskipun ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab akan meretas website tersebut.

RAM

Setiap pengguna teknologi tidak akan asing lagi dengan istilah RAM. Pada web hosting, RAM memiliki manfaat sebagai penyimpanan berbagai macam perintah. Fungsinya hampir sama dengan RAM di komputer. Perbedaannya hanya dalam bentuk fisiknya. Kalau RAM di komputer memiliki wujud, berbeda dengan RAM di website yang tidak mempunyai bentuk fisik.

Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan oleh suatu website. Maka pengguna internet akan semakin cepat dalam mengakses situs tersebut. Tentu saja, semuanya akan mempengaruhi jumlah pengunjung website. Ketika pengunjung tidak bisa akses, maka siap-siap saja pengunjungnya akan hilang. Berbeda jika akses masuk website cepat, maka pengunjung akan merasa senang.

SSL

SSL atau Secure Socket Layer merupakan pengaman tambahan pada web hosting sehingga  aman dari kejahatan dunia maya. Suatu website bisa menggunakan SSL dengan cara mengakuisisinya. Dengan penggunaan SSL akan membuat setiap pengguna aman setiap kali melakukan penjelajahan melalui internet. SSL akan memberitahukan situs yang aman yang sama menggunakan SSL juga.

Itulah beberapa istilah yang harus diketahui oleh pemilik web hosting. Terutama pengguna website untuk pertama kalinya. Istilah-istilah di atas harus segera dipahami, sehingga bisa tanggap jika terjadi gangguan pada website. Semakin tahu apa penyebab dari gangguannya. Semoga bermanfaat.

“jangan lupa pesan backlink untuk situs kamu di Jasa Backlink PBN Murah

You May Also Like

About the Author: Rasyid Muhammad

Saya adalah penulis dan pemilik kitapandai.com, Blogger asal Kapuas Kalimantan Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.