Ini Tips Sehat Anti Kebas Kesemutan

neuropati

Setelah melakukan aktivitas ataupun saat sedang beraktivitas apakah anda pernah mengalami kesemutan secara tiba-tiba? Hal ini jangan dianggap remeh bisa saja merupakan gejala neuropati. Neuropati sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk penyakit atau gejala gangguan pada saraf tubuh. Gejala tersebut dapat berupa kesemutan, nyeri hingga kram otot, bahkan dapat membuat susah buang air kecil.

Adapun beberapa penyebab dari neuropati yaitu dapat berupa penyakit tertentu, misalnya diabetes. Selain itu gejala tersebut juga kemungkinan terjadi dari sejak lahir, ataupun akibat cedera. Oleh sebab itu, cara penyembuhannya agar anti kebas kesemutan disesuaikan dengan penyebabnya.

Neuropati terjadi karena beberapa faktor yang bervariasi tergantung dari lokasi saraf yang terganggu.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai gejala gangguan saraf tersebut :

Neuropati Perifer

Gangguan saraf jenis ini terjadi karena adanya kerusakan atau gangguan pada saraf tulang belakang dan di luar otak. Hal tersebut terjadi dikarenakan beberapa hal, yakni :

  • Mempunyai penyakit diabetes
  • Adanya tekanan pada saraf dikarenakan terjatuh atau yang biasa kita sebut cedera.
  • Dapat disebabkan juga oleh penyakit autoimun, misalnya sindrom Guillain-Barre, lupus dan lainnya
  • Kanker seperti limfoma dan multiple ataupun tumor.
  • Neuropati Kranial

Gejala jenis terjadi kare adanya kerusakan atau gangguan di salah satu 12 saraf kranial yakni saraf yang berada di bagian kepala dan dekat dengan otak. Inilah penyebab dari neuropati kranial sebagai berikut :

  • Penyakit Autoimun
  • Infeksi
  • Kanker Bawaan Lahir Gangguan Pembuluh Darah
  • Bawaan lahir
  • Adanya peningkatan tekanan di dalam otak

Itulah beberapa jenis neuropati dan penyebabnya. Adapun akibat yang ditimbulkan dari neuropati sehingga akan mengganggu aktivitas kita. Secara umum berikut ini gejala neuropati yang sering dialami, seperti mati rasa secara permanen atau sementara, merasakan adanya sensasi seperti terbakar atau ditusuk, serta merasakan kesemutan di waktu tertentu ataupun secara tiba-tiba.

Neuropati dapat dicegah tergantung dari kondisi atau penyakit yang mendasarinya. Berikut ini beberapa pencegahan neuropati yaitu :

  • Mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan, serta makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.
  • Menyempatkan waktu berolahraga secara teratur, selama 30 menit dalam sehari.
  • Beristirahat serta tidur yang cukup
  • kontrol kesehatan secara rutin serta meminum obat jika memiliki hipertensi dan diabetes.

Gejala gangguan saraf ini dapat dilawan dengan beberapa cara yaitu :

  • Pertama neuropati diabetes dapat ditangani dengan mengontrol diabetesnya menggunakan obat-obatan, serta mengatur pola makan.

Selain itu, bagi yang memiliki neuropati berikut ini tips ngerti (ngelawan neuropati), sebagai berikut :

Pada umumnya dokter akan menyarankan beberapa metode pengobatan untuk gejala ini. Dokter saraf biasanya memberikan beberapa gabungan jenis obat-obatan seperti Obat oles pereda nyeri yang dioleskan, Opioid, seperti tramadol, Obat antikonvulsan (antikejang), seperti gabapentin dan pregabalin.

Berikut tadi ulasan mengenai seputar gangguan saraf atau yang disebut neuropati. Kini kalian sudah tau bukan jika gejala ini bisa terjadi kepada siapa saja. Oleh karena itu, kita perlu mengingatkan Orang-orang terdekat kita seperti keluarga untuk menjaga kesehatannya, terutama ayah. Hal ini karena ayah merupakan My TrueHero sebagai tulang punggung keluarga yang menafkahi anak dan istri. Ia perlu diingatkan dan dijaga kesehatannya agar badannya tetap sehat sehingga dapat bekerja dengan lancar.

Dari pembahasan ini, menjaga pola gaya hidup sangat penting untuk menjaga agar badan tetap fit. Dan sebaiknya sebelum melakukan aktivitas olahraga lakukanlah peregangan otot terlebih dahulu.

You May Also Like

About the Author: Rasyid Muhammad

Saya adalah penulis dan pemilik kitapandai.com, Blogger asal Kapuas Kalimantan Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.